[FEATURE] Penyebar Gelombang Korea Versi KOCCA

Korea Cultural Contents Agency (KOCCA) adalah agen pemerintahan Korea Selatan yang bekerja sama dengan Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata yang menitikberatkan pada bidang pengembangan budaya. Pada 20 Oktober 2015 lalu, Sports Biz mengumumkan hasil studi yang diselengggarakan oleh KOCCA mengenai pengaruh acara televisi Korea yang menyebabkan fenomena menyebarnya Gelombang Korea (Korean Wave).




Data diambil dari berbagai jenis survey dan informasi dari perusahaan entertainment.  Dari data tersebut diketahui bahwa drama dan variety show merupakan acara televisi yang paling berpengaruh terhadap menyebarnya Gelombang Korea. Drama “Dae Jang Geum” atau yang terkenal dengan judul “Jewel in The Palace” menempati urutan tertinggi dalam hasil studi tersebut. Yang diikuti drama “Winter Sonata”, “Autum in My Heart” serta “My Love From The Star”.



Sementara itu Running Man adalah satu-satunya variety show yang mampu menyebarkan Gelombang Korea di dunia. Variety show yang digawangi oleh Yoo Jae Suk, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Haha, Kang Gary, Song Ji Hyo serta Lee Kwang Soo ini mampu memikat pemirsa international melalui berbagai macam permainan menarik serta kelucuan yang mereka tampilkan.



Berdasarkan hasil studi tersebut, SM Entertainment dan YG Entertainment merupakan dua perusahaan dengan dampak terkuat yang menyebabkan menyebarkan Gelombang Korea di bidang musik. Boyband Bigbang menempati urutan pertama diantara artis YG Entertainment lainnya, sedangkan dari SM Entertainment terdapat nama besar TVXQ dan Girls Generation (SNSD) yang menempati urutan teratas hasil studi tersebut. Dari sisi penyanyi solo terdapat nama besar BoA dan Psy yang dianggap mampu menyebarkan gelombang Korea dikancah international.



Direktur KOCCA mengucapkan terima kasihnya dalam pernyataan yang dipublikasi Sports Biz dalam sebuah wawancara. “Kami mengucapkan terima kasih kepada segenap produser yang berkontribusi terhadap meluasnya gelombang Korea selama 20 tahun terakhir ini. Di masa yang akan datang, kami berencana mengadakan identifikasi bidang pasar global.”




Sebagai informasi tambahan, pada 23 Oktober 2015, KOCCA akan menjadi tuan rumah acara bertajuk K-Cultural  Policy Forum. Acara ini bertujuan untuk menguji cara gelombang Korea dapat berlanjut dan berkembang dalam kancah pasar international. (ulul)

Cr : kdramastar, wikipedia


Komentar