[Liputan] Toto’s Film Festival, Temukan Bakat Baru Dalam Dunia Perfilman

Pada tanggal 27 Oktober Toto’s Film Festival secara resmi mengumumkan pemenangnya. Acara dimulai dengan sambutan dari artis cantik Korea ternama Park Bo Young dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh para profesional. Acara ini juga dihadiri oleh para pelajar yang filmnya masuk dalam festival yang diadakan pada tanggal 26 sampai 27 Oktober 2015.
Para peserta yang mengikuti festival ini, sebelumnya telah mengikuti Toto’s Film Making Class yang merupakan kelas pelatihan pembuatan film, mengajarkan secara total segala aspek pembuatan film dari awal hingga akhir, dimulai dari pencarian ide, pembuatan story board dan script, teknik kamera, editing dan marketing. Kegiatan ini diadakan di Indonesia oleh CGV Blitz dan didukung oleh KOICA (Korea Internasional Cooperation Agency), dan merupakan bentuk kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).
Kegiatan ini merupakan kegiatan global yang telah diadakan di beberapa Negara seperti Korea selatan, Vietnam dan Cina. Toto’s Film Making Class di Indonesia telah diadakan selama 5 kali selama periode 2013-2015 dan telah diikuti oleh kurang lebih 200 pelajar dari berbagai sekolah di Jakarta dan telah menghasilkan 24 film pendek.
Tahun ini ada 12 judul film pendek yang dikompetisikan. Film tersebut adalah hasil dari pembelajaran para mentor yang professional dibidangnya seperti Salman Aristo, Cesa David Luckmansyah, Ardi Octaviand, Aghi Narotama, Anto Sinaga, Chandra Endo Putro, Robby Ertanto, Lance Mengong, Arief Ash Shiddiq, Samaria Simanjuntak, dan beberapa mentor professional lainnya. Pemenang akan terpilih 2 film dari 2 group.
Dalam acara tersebut juga diputar teaser dari 12 film pendek tersebut, kemudian diakhir acara diumumkan pemenangnya yakni pemenang favorit dipegang oleh SMK 51 dengan judul film ‘Satu Sama’, dan juaranya dipegang oleh SMA Kanisius dengan filmnya yang berjudul ‘Balloons’. Penghargaan langsung diberikan oleh Park Bo Young selaku guest star. Mc juga menyebutkan bahwa para pemenang akan dikirimkan untuk mengikuti Festival Film International ke Jogja – Netpac Asian Film Festival.

Dengan adanya Toto’s Film Festival ini diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk terus berkarya mengembangkan bakat-bakat mereka dan menghasilkan bibit-bibit baru dalam industry film Indonesia di masa mendatang. (Minam)

Komentar