Minggu, 01 November 2015

[KFOOD] Kimchi Makanan Wajib Warga Korea

Pertama kali mencoba makanan korea yang satu ini pasti terasa aneh di lidah. Karena memang orang yang baru pertama kali mencoba makanan ini kebanyakan tidak terlalu suka akan rasanya yang pedas dan sedikit asam. Namun, bagi orang yang sudah sering mencoba akan terbiasa dan mulai menyukai makanan yang kaya manfaat ini. Yups, Kimchi
Kimchi adalah makanan khas tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil dari fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.




Sayuran yang biasanya dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채) yang berarti "sayuran yang direndam." Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan (hidangan pendamping) yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Kimchi Jjigae (soup kimchi)

Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima "makanan tersehat di dunia" menurut Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker. Sayuran yang sudah lama diketahui baik untuk kesehatan, apalagi ditambah kultur bakteri hidup pada kimchi yang lebih banyak dari yogurt. Pemakaian cabai merah dalam jumlah banyak pada kimchi juga sering disebut-sebut baik untuk kesehatan.

Nasi Goreng Kimchi 
Di Korea ada tradisi membuat kimchi, ggakdugi, dan dongchimi dalam jumlah besar di hari-hari musim dingin yang dinamakan Kimjang (hangul: 김장). Tradisi ini dilakukan pada hari cerah ketika angin dingin bertiup (awal November hingga pertengahan Desember). Biasanya mereka berkumpul di satu tempat untuk beramai-ramai membuat kimchi. Satu keluarga yang terdiri dari empat orang biasanya memerlukan sawi berukuran besar antara 40-50 buah. Setelah dicuci, ditaburi garam, dan direndam di dalam air pada hari sebelumnya, lembar demi lembar daun sawi diolesi dengan bumbu kimchi hingga merata oleh para wanita dalam keluarga. Kimjang juga merupakan kesempatan untuk meneruskan resep keluarga, dari nenek ke ibu, dari ibu ke anak perempuan, dan dari mertua ke menantu.
Kimchi yang dibuat diperkirakan cukup untuk dimakan hingga musim semi tahun berikutnya (sekitar Mei-April). Tradisi ini tidak hanya berarti menyiapkan makanan untuk musim dingin, melainkan juga ucapan bersyukur orang Korea telah melewatkan satu tahun dengan selamat, dan awal memulai kehidupan pada tahun yang baru.

Ibu Rumah Tangga Membuat Kimchi Bersama 
Kimchi juga merupakan Rahasia kecantikan dan kesehatan orang Korea, selain dari Operasi pelastik yang lumrah dikalangan para artisnya dan perawatan mereka yang concern kimchi juga merupakan resep rahasianya, karena Kimchi dibuat dari berbagai jenis sayuran sehingga mengandung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori. Sebagian besar kimchi dibuat dari sayuran seperti bawang bombay, bawang putih, dan cabai yang baik untuk kesehatan. Kimchi juga kaya dengan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat atau laktobasilus yang baik untuk pencernaan.
Dalam proses fermentasi terjadi konversi dari gula menjadi asam, gas atau alkohol. Pada proses ini, muncullah berbagai macam enzim yang bermanfaat bagi tubuh dan prosesnya pun yang natural memberikan efek positif pada tubuh. Makanan rendah kalori ini sangat berguna dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan baik untuk pencernaan. Jadi tidak heran, banyak yang bilang kimchi ini adalah rahasia awet mudanya orang Korea. Dalam kimchi, lebih banyak terkandung serat dan vitamin A serta vitamin C yang membantu melindungi kulit dan radikal bebas sekaligus mendukung sistem kekebalan tubuh.




Di Korea, kimchi dimakan dengan nasi putih, mackerel dan telur. Menu tersebut dapat dijadikan menu sarapan, makan siang maupun makan malam. Kimchi juga merupakan appetizer alias makanan pembuka yang baik. Bahkan kimchi juga kerap dijadikan teman minum soju, sejenis arak khas Korea. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi, nasi goring kimchi, dan berbagai masakan lain. Kebiasaan masyarakat Korea memasukkan kimchi dalam menu keseharian mereka itulah yang menjadikan kulit mereka terlihat lebih muda dan sehat. Jika anda ingin menikmati uniknya rasa kimchi dan manfaatnya bagi kecantikan kulit, anda bisa mencicipi makanan ini di festival kebudayaan Korea yang biasanya diadakan oleh komunitas-komunitas Korea atau kampus-kampus yang memiliki study bahasa Korea dan restoran-restoran yang menyajikan menu khusus Korea. (Minam/berbagai sumber) 
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar