[KPOP] Kontroversi Album Terbaru IU ‘Zeze’

Dalam sebuah interview IU menceritakan lagu barunya yang berjudul 'Zeze'. Zeze adalah karakter dalam sebuah buku autobiografi dari penulis yang berjudul 'My Sweet Orange Tree'. Namun setelah dirinya menjelaskan tentang albumnya, kontroversi pun berdatangan. Masyarakat menilai kalau IU salah menginterpretasikan karakter tersebut. IU mengatakan "Zeze dalam 'My Sweet Orange Tree' adalah karakter seorang anak berusia 5 tahun yang hypocrisy.
 IU juga menggambarkan Zeze sebagai anak yang terlihat licik, menggoda dan seksi. Otomatis banyak orang yang merasa terganggu dengan penggambaran seorang anak usia 5 tahun yang 'seksi' dengan cara yang terkesan 'kotor'. Bahkan digambarkan pada sampul albumnya dalam pose yang seksi dan mengenakan stoking jaring-jaring. 



Selain itu, IU juga baru-baru ini mendapatkan kritikan dari perusahaan penerbit buku di Korea. Belakangan IU memang menjadi perbincangan panas setelah merilis album solonya yang bertajuk 'CHAT-SHIRE'.
Melalui akun Facebook resmi penerbit buku tersebut di Korea, mereka melayangkan kritikan dengan menuliskan, "Nona IU, Zeze bukanlah seorang anak seperti yang kau interpretasikan."
Mereka memberikan protes kepada IU karena menyebut karakter tersebut digambarkan 'seksi', seperti komentar mereka,
"Zeze adalah seorang anak berusia 5 tahun yang menderita karena kekerasan pada anak-anak. Kami merasa kalau 'licik' dan 'kotor' bukanlah kata yang tepat untuk mendeskripsikannya."
"Buku ini merupakan otobiografi dari penulis yang didedikasikan untuk banyak Zeze di luar sana di dunia yang saat ini masih mendapat perlakuan tidak layak. Bagaimana bisa IU menilai hasil kerja kerasnya dengan cara seperti itu?" 
tulis mereka di sosial media.
Tentu saja hal ini mendapatkan respon besar dari netizen, yang kebanyakkan melayangkan kritikan kepada IU. Apalagi diketahui bahwa sampul gambar albumnya juga plagiat.
 source: kpopchart, kpopkfans, onehallyu


Komentar