[NEWS] J-Hope BTS Menjadi Target 'IlBe' Karena Rapnya Dalam Lagu 'Ma City'


J-Hope BTS tanpa disadari mungkin telah mengirimkan pesan pada situs berbahaya 'Ilgan Best'. Mengapa 'Ilgan Best' atau dikenal juga dengan nama 'Ilbe' dianggap berbahaya? 'Ilgan Best' merupakan salah satu situs yang berbasis di Korea Selatan yang sangat menjunjung tinggi kebebasan, sehingga para penggunanya bisa dengan bebas berbicara apapun. Situs ini sering menimbulkan kritik dari masyarakat karena tindakan para penggunanya serta isi situsnya yang dianggap berbahaya. Isi situsnya seringkali mengenai tindak bunuh diri, kejahatan, obat-obatan terlarang, pelecehan seksual, kekerasan,  pencemaran nama baik dan diskriminasi. Hal tersebut menyebabkan Komisi Komunikasi Standar Korea meminta 'Ilbe' untuk mengatur isi situsnya sehingga tidak menyebabkan masalah dan tidak berbahaya bagi remaja. 

Lalu apa hubungan 'Ilgan Best' dengan Gwangju kota kelahiran J-Hope? Di Gwangju terdapat suatu peristiwa besar yang menjadi sejarah yaitu "Demokrasi Pemberontakan 5.18", meskipun pemberontakan itu dinyatakan sebagai bentuk gerakan sipil yang dibenarkan oleh pemerintah Korea Selatan. Namun 'Ilgan Best' menyebarkan informasi berbahaya dan palsu yaitu 'Ilgan Best' menyebarkan bahwa pasukan khusus Korea Utara terlibat pemberontakan tersebut, "Demokrasi Pemberontakan 5.18" merupakan kerusuhan bersenjata berat, penindasan militer terhadap warga itu dibenarkan, Hukum Khusus 5.18 bersifat inkonstitusional.

'Ma City' merupakan salah satu lagu pada album terbaru BTS 'HwaYangYeonHwa Part 2'. Lagu ini menceritakan tentang kampung halaman dari masing-masing anggota BTS. Hal ini terlihat dari lirik lagu ini. Rap Monster bercerita tentang Ilsan, J-Hope bercerita tentang Gwangju, dan Suga bercerita tentang Daegu, sedangkan Jimin dan Jungkook bercerita tentang Busan. Secara keseluruhan, lagu ini menggambarkan betapa bangganya mereka terhadap kampung halamannya. 

Akan tetapi yang paling menarik perhatian netizen adalah bagian rap J-Hope terutama bagian akhir dari rapnya. Dalam rapnya J-Hope mengatakan, "Jika kamu ingin melihatku, datang berkumpullah di jam 7 (7 o'clock), kalian semua tekanlah 062-518." Situs 'Ilbe' sering menghina Gwangju, khususnya mengenai "Demokrasi Pemberontakan 5.18" (Gwangju Uprising) yang berakhir pada pembantaikan di kota. 7 o' adalah salah satu istilah yang digunakan untuk Gwangju karena jika dilihat di peta Gwangju terletak pada posisi 7 o'. '062' merupakan kode area Gwangju dan '518' tampaknya mengacu pada pemberontakan. Karena ternyata jika dilihat dari segi sejarah, "Demokrasi Pemberontakan 5.18" (Gwangju Uprising) di Gwangju berlangsung di jalan 5.18.

Berikut Foto Gwangju 5.18 Road :
 
J-Hope sendiri mengatakan dalam sebuah wawancara, "Saya akan meninggalkan penafsiran pada para pendengar," tidak mengkorfimasi maupun menyangkal hal tersebut. Apapun yang terjadi, 'Ma City' merupakan lagu yang enak didengar, jadi pastikan kalian mendengarnya jika kalian belum pernah mendengar lagu tersebut.

(ulul/cr: berbagai sumber)

Komentar