[KDRAMA] OST Descendants of the Sun Tersandung Kasus Plagiasi

Suksesnya sebuah drama bukan berarti luput dari kritik, seperti yang baru-baru ini dialami oleh drama yang sedang fenomenal, Descendants of the Sun. Belum lama ini, soundtrack drama yang dibintangi oleh Song Joong Kid an Song Hye Kyo, yang dinyanyikan oleh Chen, EXO dan Punch adalah lagu hasil jiplakan.

Dalam sebuah komunitas online, para netizen menganggap kalau lagu yang berjudul “Everytime” ini, mirip dengan lagu debut milik Eric Nam yang berjudul “Heaven’s Door.”
Pencipta lagu “Heaven’ Door,” Han Jae Ho mengungkapkan tentang kedua lagu ini kepada OSEN 6 April lalu. “Aku sudah mendengar mengenai masalah ini dan aku juga sudah mendengar lagunya dan memang mirip. Bagian nada dan ref dari lagu ini yang sangat mirip. Alirannya juga sama.”
Mengenai tuduhan plagiarism, Han Jae Ho berkomentar, “Kalau mereka merubah sudah cukup untuk menyangkal plagiasi yang dilakukan. Dibandingkan harus mengambil tindakan hukum, Aku lebih baik memilih untuk mendiskusikannya.”
Untuk mengklarifikasi masalah ini, Akhirnya Music&NEW selaku rumah produksi lagu OST ini angkat bicara. Apa komentar mereka? "Ada yang berpendapat kalau bagianchorus lagu ini terdengar sangat mirip dengan lagu A Night Like This milik 2BiC. Jadi kami bertanya langsung kepada komposer Jo Young Soo. Kami menemukan bahwa Ear Attack juga memasukkan namanya sebagai co-composer, bersama Locoberry dan Jo Young Soo. Setelah bernegosiasi dengan Jo Young Soo dan mendapatkan izin untuk menggunakan sample lagu tersebut," ungkap perwakilan Music&NEW.



source: soompi 


Komentar