Senin, 12 Desember 2016

[KFOOD] Kenal Kimbap lebih Dalam!

Bagi para KPOPers salah satu hal yang eye catching ketika nonton drama adalah makanan! Yups, sudah tidak dapat dipungkiri lagi, kalau para pecinta Korea khususnya di Indonesia. Selalu penasaran dengan makanan yang hadir di drama, MV atau Variety show yang mereka saksikan. Salah satu makanan favorite KPOPers di Indonesia adalah Kimbab (Gimbab). Kimbab atau Gimbab adalah nasi gulung khas korea yang berisi berbagai jenis sayuran dan bahan makan. Digulung dengan gim (rumput laut kering Korea).  
Kimbap from daebak fan cafe/photo by: LSK 
Banyak orang berpikir kalau Kimbab dan sushi adalah dua hidangan yang sama. Namun ternyata, kedua nasi gulung ini sangatlah berbeda dari segi bahan pembuatannya. Sushi terbuat dari nasi yang dicampur dengan vinegar dan biasanya berisi seafood mentah, seperti ikan tuna, salmon dan kerang iris. Sementara, Kimbab terbuat dari nasi yang dicampur dengan minyak wijen dan pemanis. Biasanya berisi makanan yang sudah matang, seperti tuna kalengan, kimchi, bulgogi dan keju.
Di negeri asalnya, Kimbab memiliki berbagai varian yang dibedakan berdasarkan bentuk dan isi dari Kimbab itu sendiri, seperti
1.       Samgak Gimbap
Bentuknya sama seperti onigiri di Jepang. Biasanya dijual di mini market yang biasanya diisi berbagai macam bahan makanan.
2.       Chungmu gimbap
Kimbap jenis ini hanya terdiri dari nasi dan gim. Kimbap jenis ini berasal dari kota Chungmu, bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan Kimbap biasanya. Di daerah asalnya Kimbap jenis ini disajikan dengan kolddogi muchim (potongan rendaman baby octopus dan di fermentasi dalam saos pedas dan kimchi).
3.       Chamchi gimbap
Kimbap jenis ini sangat jarang ditemui. Biasanya berisi ikan Tuna, rendaman daun perilla, dan mayonnaise dan bahan lainnya.
4.       Mayak gimbap
Berbeda dari jenis sebelumnya. Mayak gimbap merupakan hidangan khas Gwangjang Market di Seoul. Mayak sendiri memiliki arti “obat”. Karena Kimbap jenis ini memiliki rasa “nagih” dibandingkan jenis lain. Hal ini disebabkan oleh saos yang merupakan campuran dari mustard dan kecap asin.

Kimbab sendiri sangat popular di kalangan anak sekolah di Korea. Kalau di Indonesia, biasanya makanan ini merupakan makanan yang wajib dipesan ketika berada di restoran Korea. 

Source : berbagai sumber
Author : LSK 

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar