Sabtu, 28 Januari 2017

[K-FESTIVAL] Happy Seollal!

Bulan ini di Korea sedang merayakan Seollal atau tahun baru Korea. Apa sih Seollal itu? Seollal sama nggak ya sama Imlek di Tiongkok? Daripada penasaran, baca sampai habis artikelnya ya…
Seollal atau Gujeong adalah hari raya terpenting bagi rakyat Korea yang merupakan hari pertama dari bulan dalam kalender bulan. Seollal jatuh pada tanggal yang sama dengan Tahun Baru Imlek. Dalam tradisi Korea ketika Seollal para masyarakat berkumpul bersama keluarga mengenakan Hanbok atau baju terbaiknya.



Biasanya para keluarga yang berkumpul memberikan penghormatan pada leluhur. Setelah penghormatan kepada leluhur, biasanya anggota termuda memberi hormat kepada yang lebih tua. Setelahnya para anggota keluarga mengungkapkan harapan dan cita-cita yang baik untuk setahun mendatang.
Dalam sebuah perayaan, tidak afdhal rasanya tanpa adanya makanan. Masakan dan minuman tahun baru Seollal dinamakan seol-eumsik dan seol-sul. Seol-eumsik adalah istilah untuk semua jenis makanan yang disajikan pada hari itu. Masakan yang harus ada adalah sup kue beras atau tteokguk. Minuman keras yang dingin disajikan pada hari pertama bermakna keluarga akan menyambut datangnya musim semi.
Tteokguk dibuat dengan cara menumbuk adonan tepung beras yang sudah direbus dengan palu besar. Kemudian dibentuk menjadi gulungan yang dipotong bulat panjang yang akan direbus dalam kaldu daging, disajikan dengan daging sapi dan daging burung pegar. Sup ini juga disajikan sebagai sesajen jeongjo charye. Anak laki-laki ditanya umurnya dengan pertanyaan ”Sudah berapa mangkuk tteokguk yang sudah kamu makan?”, yang bermakna sudah berapa kali ia merayakan tahun baru.
Di hari ini banyak warga yang berwisata ke berbagai tempat di seluruh negeri, yang paling banyak dikunjungi antara lain pesisir timur provinsi Gangwon untuk menyaksikan terbitnya matahari pertama pada tahun baru.



Reactions:

0 comments:

Posting Komentar